Minggu, 13 April 2014

Arti Sebuah Cinta



MEMAHAMI CINTA YANG SESUNGGUHNYA

Cinta itu ibarat air yang mengalir dalam segala medan dunia karena dapat melalui berbagai medan, karena itu cinta merupakan salah satu senjata yang paling ampuh yang dapat menembus waktu, daerah, ras, bangsa, umur, status, agama dan ideology, karena memang cinta itu buta, karena menembus berbagai dimensi sehingga dapat membawa sejumlah konsekuensi dalam setiap ruang dan waktu dalam memenuhi kebutuhan perasaan cinta setiap insan manusia yang menjalaninya.
Perasaan cinta, kasih dan sayang diantara manusia memang merupakan suatu perintah dari pencipta kepada umat ciptaannya, perintah yang kudus merupakan sesuatu makna yang memerlukan penghayatan dan pengalaman yang sangat mendalam, cinta, kasih dan sayang seharusnya tidak hanya ditulis dengan tilisan yang tergores dalam kertas mengkilat yang indah, diary yang penuh gambar bunga atau juga tidak diucapkan dengan kata-kata yang indah yang lebih dikenal dengan rayuan gombal tetapi dengan sikab yang tulus dan menyentuh pada kebutuhan cinta insan yang mendambakannya.
Cinta yang tulus adalah cinta yang memberikan hidup karena dengan cinta diharapkan kita memperoleh kegembiraan yang begitu dalam, dengan mencintai, kita diharapkan melupakan kepentingan diri dan mementingkan kepentingan dengan orang kita cintai, sebab tidak ada kegembiraan, kepuasan yang begitu dalam dari pada kegembiraan yang diperoleh oleh karena adanya ketulusan cinta yang diperoleh, karena kegembiraan yang diperoleh dengan uang akan mengecewakan kita, kegembiraan yang diperoleh dengan ambisi tidak akan bertahan lama,  kegembiraan cinta yang didapat dengan black magic  akan berakhir dengan kehancuran, kegembiraan dan kepuasan yang kita peroleh ketika menikmati keindahan alam, kesenian atau olahraga bagaimanapun indahnya tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan kegembiraan  atau kepuasan yang saat dan setelah memberikan sentuhan cinta kepada orang lain dan  memperoleh sentuhan cinta dari orang lain. Ukuran cinta adalah perbuatan karena itu kiranya  kita tetap harus berusaha untuk menjadi tempat sandaran yang aman bagi orang lain yang kita cintai dan sayangi, karena orang hidup hanya mencari untuk menemukan kebahagiaan dan ketentraman hidup,kita haruslah menyediakan diri kita agar orang yang kita cintai boleh datang  dengan segala keinginan, tempat mereka didengarkan dengan penuh perhatian dan pengertian serta dipercayai; kitapun haruslah dapat
Ukuran cinta adalah perbuatan karena itu kiranya kita tetap harus berusaha untuk menjadi tempat sandaran yang aman bagi orang lain yang sangat kita cintai, karena orang hidup hanya untuk mencari menemukan kebahagiaan dan ketentraman hidup; kita haruslah menyediakan diri kita agar orang yang kita cinta boleh datang dengan segala macam kebutuhan tempat dimana mereka didengarkan dengan penuh perhatian dan pengertian serta dipercayai; kita pun haruslah dapat selalu dari waktu ke waktu menyiapkan diri agar dapat menjadi tempat orang yang kita cintai menikmati belas kasihan dan pengampunan, kiranya mereka yang sangat kita cintai merasakan pada diri kita, kepercayaan, rasa harga diri sebagai pribadi dan perlindungan, bukannya kecurigaan, penolakkan dan ketidak percayaan, sebab cinta pada hakikatnya adalah suatu  kemauan dan kerelaan melawan diri sendiri dari egoisme dan selalu terarah kepada orang yang kita cintai.

Karena cinta kita dibuat lebih terbuka, lebih rela serta mampu meninggalkan pendapat sendiri guna dapat mengerti orang yang sangat kita cintai. Dengan mengerti orang yang kita cintai sebenarnya menolongnya untuk mengerti diri mereka sendiri, untuk memperluas pandangan mereka dan untuk lebih mantap dalammenghayati dirinya dengan mengerti orang yang kita cintai berarti kita telah keluar dari diri sendiri lalu mencoba menemukan sesuatu yang baik dalam diri orang lain.

Cinta dikenal penuh dengan keterbukaan, keramah-tamahan dan keluwesan . Makna cinta dapat nampak dalam sikap, dengan cinta kita akan dibuat jauh dari sikap untuk cepat menjatuh vonis, menghukum atau mempersalahkan orang yang kita cintai, rela memaafkan orang yang kita cintai dan menghargai pendapat orang yang kita cintai dan sayang. Cinta memungkinkan kita mengambil keputusan yang tepat artinya keputusan yang diambilnya merupakan sesuatu yang terbaik bagi orang yang dicintai dan bagi diri kita sendiri.

Dalamkeadaan saling mencintai kita diharapkan tidak dibutakan oleh kecemerlangan masa silam, tidak terlalu mengikat diri pada masa kini dan tidak menggantungkan seluruh harapan pada rencana masa depan. Dalam rangka berkebajikan cinta orang bercinta diharap untuk tidak mengikat diri pada situasi tertentu agar tidak menjadi budak dari situasi tertentu.

Pengalaman cinta orang lain dapat memberikan bahan refleksi bahwa pengabdian dan penyerahan jiwa akansaling memberikan pengalaman cinta diantara orang lain. Cinta kasih yang tulus tidak didasarkan atas kesukaan, daya tarik tertentu, kualitas pribadi atau fungsi yang memberikan kepuasan sementara ataupun yang mudah lenyap dalam dan bersama waktu. Cinta abadi dan tulus mengharapkan orang semakin matang dan mantap menghayati nilai-nilai cinta agar kita dapat mengalami apa yang sedang kita cari, yakni sesuatu yang mempunyai nilai abadi. Pengalaman cinta abadi dapat memberikan kekuatan dan alas an untuk berbuat sesuatu yang baik dan membahagiakan orang yang kita cintai.

Hidup dalam cinta merupakan sebuah panggilan bagi dua insan yang saling mencintai karena panggilan, mereka mempunyai waktu dan selalu menyiapkan waktu untuk bercinta agar mereka dapat hidup dalam cinta. Hidup dalam  cinta berarti menjadi saksi sejati dalam pertentangan dan pergolakan hidup, orang yang setia dan rela memberikan dirinya kepada orang lain, dalam iman dan cinta yang utuh tidak merasa cemas dan gelisah, justeru dalam keadaan sulit, dia tetap tenang dan siap menerima resiko dan kelalaian dalam diri orang yang dicintai, karena ia ada untuk orang yang dicintai.

Cinta yang menghidupkan merupakan ungkapan jika seseorang dapat menerima diri seperti apa adanya karena dengan demikian orang bercinta akan selalu merasa gembira tanpa hentidan akan selalu merasa berbahagia dari waktu ke waktu. Cinta berarti mengisi hidup dengan membahagiakan orang yang kita cintai. Dengan membahagiakan orang yang kita cintai kitapun merasa berbahagia, hanya dalam mencintai secara tulus, kita dapat mengalami kebahagiaan, ini merupakan nilai yang dapat di terima karena diberikan oleh orang yang sangat kita cintai.

Cinta yang tulus bukanlah diberikan dengan syarat melainkan berlangsung selamanya dan tanpa syarat, walaupun sebagai manusia kadang kita pun tertipu oleh indera kita sendiri. Cinta merupakan prasarana agar kita dapat melupakan diri sendiri dan memberikan segalanya bagi orang lain. Cinta kasih terutama berarti menyerahkan diri seutuh dan seluruhnya, sehingga dapat bersatu dengan yang diberikan, biarpun yang diberikan itu tidak sempurna atau sederhana saja. Kita tidak mungkin membangkitkan hidup baru, jika kita sendiri tidak rela menyerahkan hidup kita sendiri, kekuatan untuk mencintai ALLAH dan karunia ALLAH tidak berasal dari hati kita sendiri, melainkan kita terima dari ALLAH sebagai hadiah karunia Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar